Sungailiat (Antara) - Satlantas Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar operasi simpatik kendaraan bermotor di kota itu untuk meningkatkan displin berlalulintas di jalan raya.

Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai Erlyanto, melalui Kasat Lantas AKP Agung Asmara didampingi Kanit Laka Satlantas Polres Bangka Iptu Suparno di Sungailiat, Kamis mengatakan kegiatan ini selain melaksanakan fungsi penegakan ketertiban bagi pengendara kendaraan roda dua dan roda empat, juga sebagai tindak lanjut arahan dari pihak Dirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita mengingatkan seluruh pengguna kendaraan di jalan raya baik roda dua maupun roda empat agar tetap memantuhi aturan berlalu lintas seperti memakai helm standar, kelengkapan dokumen kendaraan dan lainnya," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan operasi Simpatik yang dimulai sejak 1 April sampai 21 April 2015 lebih ditekankan bersifar  himbauan dan pendekatan persuasif terhadap pengguna jalan agar tertib berlalulintas.

"Kalaupun ada pengguna kendaraan yang melanggar aturan  hanya diberikan sanksi berupa teguran agar tidak mengulangi pelanggaran tersebut dikemudian hari," ujarnya.

Menurutnya, displin berlalulintas di jalan raya tidak hanya memberikan selamatan bagi pengendara namun juga bagi pengguna kendaraan lainnya.

Menurut salah satu pengguna kendaraan, Fendy mengatakan kegiatan operasi simpatik selain mengingatkan masyarakat mengendara juga agar lebih displin di jalan raya juga berdampak positif masyarakat umum lainnya.

"Saya mendukung sekali kegiatan ini karena masih ada pengguna kendaraan yang kurang memperhatikan aturan di jalan raya seperti, kebut-kebutan, tidak memakai helm dan pelanggaran lainnya," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015