Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, pada semester pertama 2021 berhasil menghimpun zakat sebesar Rp1,3 miliar dari target Rp2,9 miliar sampai akhir 2021.

"Alhamdulillah semester pertama 2021 terhitung dari Januari-Juni penerimaan zakat Baznas Belitung berhasil mencapai Rp1,3 miliar," kata Ketua Baznas Kabupaten Belitung, Suhardi Ishak di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, rencana pengumpulan Zakat Infak Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) Baznas Belitung sampai akhir tahun ditargetkan mencapai Rp2,9 miliar dan pada semester pertama telah berhasil mengumpulkan sebesar Rp1,3 miliar atau 45,46 persen.

Ia menjelaskan penyaluran ZIS Baznas Belitung pada semester pertama mencapai Rp1,8 miliar yang telah disalurkan kepada 2.773 jiwa dalam berbagai program dan kegiatan.

"Untuk penyaluran memang jumlahnya lebih besar dari penerimaan di semester pertama ini karena kami masih ada menyalurkan sisa yang di tahun lalu," ujarnya.

Dikatakan dia, ZIS yang berhasil dihimpun kemudian disalurkan dalam beberapa program dan kegiatan diantaranya bidang kemanusiaan sebesar Rp1,1 miliar, bidang kesehatan Rp53,2 juta, bidang pendidikan Rp160 juta, bidang dakwah Rp369,5 juta dan bidang ekonomi Rp61,5 juta.

"Di tengah kondisi pandemi COVID-19 kami juga menyalurkan bantuan untuk beberapa asnaf yang sedang menjalani isolasi mandiri baik berupa bahan kebutuhan pokok dan obat-obatan," katanya.

Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas Belitung untuk disalurkan kepada para penerima.

"Karena situasi ditengah pandemi COVID-19 seperti ini banyak sekali saudara kita yang harus dibantu kami berharap orang-orang yang diberikan oleh Allah SWT rezeki yang lebih dapat membayarkan ZIS untuk disalurkan kepada saudara kita yang membutuhkan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021