PT Timah Tbk menyalurkan bantuan alat penanggulangan bencana kepada warga Kampung Ulu, Mentok, yang menjadi daerah rawan terjadinya banjir tahunan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PT Timah yang selama ini selalu peduli membantu kami yang hampir setiap tahun mengalami banjir," kata tokoh masyarakat Kampung Ulu, Rozali di Mentok, Kamis.

Kampung Ulu merupakan kampung yang berada tepat di tepi Sungai Ulu yang berada di tengah Kota Mentok, setiap tahun menjadi langganan banjir pada saat hujan deras yang disertai pasang air laut tinggi.

Bantuan yang diberikan perusahaan milik negara kepada warga Kampung Ulu berupa satu unit mesin robin, life jacket, pelampung, sapu, kain pel dan lainnya.
 
Penyerahan bantuan alat penanggulangan bencana dari PT Timah Tbk kepada warga Kampung Ulu, Mentok. (ANTARA/ Donatus DP)


"Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi warga saat terjadinya banjir, selama ini warga selalu menggunakan alat seadanya untuk membersihkan rumah, alhamdulillah sekarang sudah ada mesin penyedot air dan sarana lainnya," katanya.

Lurah Tanjung Dipa Pandu Putratama juga memberikan apresiasi kepada PT Timah atas kepeduliaan dalam penanggulanggan banjir di wilayah Kelurahan Tanjung dan berharap bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga di daerah itu.

"Bantuan yang hari ini diserahkan PT Timah langsung disalurkan ke Posko Siaga Bencana Kampung Ulu, semoga bermanfaat saat dibutuhkan.

Dalam waktu dekat PT Timah berencana membangun gudang penyimpanan alat evakuasi di tanah wakaf Kampung Ulu yang berukuran 4X3 meter.

"Sudah ada kesepakatan dengan warga untuk pembangunan tersebut, lokasinya mudah dicapai saat evakuasi dan posisinya aman tidak terkena banjir," katanya.

Bantuan peralatan hari ini diserahkan staf K3LH Unit Metalurgi Marzuki, Maya Soraya dan Yuono Heri diterima Ketua RT Kampung Ulu bersama warga setempat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021