Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan menyarankan petani di daerahnya mampu memilih benih padi unggul untuk memperoleh hasil panen maksimal.

"Saya sarankan petani mampu memilih benih padi unggul karena salah satu faktor menentukan hasil panen yang maksimal," katanya di Sungailiat, Selasa.

Selain benih padi unggul yang dipilih, pengolahan lahan pratanam sampai perawatan tanaman padi juga perlu diperhatikan oleh pertani seperti pemupukan dan penyemprotan yang teratur.

"Saya ingatkan petani dapat memaksimalkan menggarap area pertanian yang tersedia karena masih terdapat ratusan hektare lahan pertanian yang belum dimanfaatkan secara optimal," kata bupati.

Petani yang mengalami kendala dalam proses penanaman padi kata bupati, dapat berkonsultasi dengan petugas penyuluh lapangan di masing-masing desa.

"Petugas penyuluh akan membantu menyelesaikan persoalan yang hadapi petani terutama saat penanaman padi," ujarnya.

Sektor pertanian di daerahnya menjadi salah satu sektor unggulan karena dianggap mampu memberikan konstribusi kesejahteraan masyarakat petani secara berkelanjutan.

Berdasarkan data dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, luas tanam padi sawah tahun 2021 ditargetkan mencapai 1.300 hektare dengan produksi gabah kering sawah mencapai 3.5 sampai empat ton per hektare.

Dengan pertimbangan ketersediaan air, musim tanam padi sawah umumnya dilakukan satu kali dalam setahun atau Indeks Pertanaman (IP) 100 meskipun terdapat sejumlah petani yang menanam dua kali setahun.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021