Mantan pemain timnas Indonesia yang sekarang menjabat Kepala Akademi Belitong FC, Budi Sudarsono menjaring pesepakbola usia dini berbakat asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Budi Sudarono menyaksikan langsung jalannya kompetisi sepakbola U-11 dan U-13 yang berlangsung di Stadion Tanjung Pandan, Sabtu (28/8) sekaligus melakukan seleksi terhadap pemain usia dini dalam kompetisi tersebut. 

"Kami mencari pemain sekitar 30 dan 40 pemain kemudian kami seleksi kembali untuk masuk ke tahap berikut," katanya. 

Ia menilai, potensi pemain sepakbola usia dini daerah itu terlihat cukup bagus namun memang potensi tersebut kedepannya perlu ditingkatkan dan diasah kembali sehingga dapat menjadi pemain sepak bola profesional. 

"Potensinya memang sudah ada baik dari skill dan teknik bermain namun ada juga kekurangan dan kelebihan mungkin karena terlalu lama vakum makanya kami hidupkan kembali melalui kompetisi ini," ujarnya. 

Budi menambahkan, pemain yang berhasil lolos seleksi tersebut selanjutnya akan diajak bergabung bersama akademi sepakbola Belitong FC untuk memulai latihan. 

"Sekarang mereka kami pilih dulu dan nanti kami hubungi kapan mulai latihannya karena kalau melihat jadwal September kompetisi sudah bergulir," kata dia. 

Disamping itu, dirinya berharap pemain sepakbola usia dini di daerah itu kedepannya dapat bergabung menjadi pemain tim nasional guna mengharumkan nama daerah dan juga bangsa Indonesia. 

"Kami harapkan anak-anak Belitung ini bisa bergabung dengan tim nasional tentunya adalah mereka yang terbaik makanya ke depan nanti kami akan adakan lebih banyak kompetisi dan menghadirkan pemain-pemain nasional ke sini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021