Mantan penyerang tim nasional Indonesia, Budi Sudarsono akan melatih pesepak bola asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar kedepannya dapat  bergabung bersama tim nasional Indonesia.

Budi Sudarsono saat ini dipercaya menjadi Kepala Akademi Belitong FC, untuk menjaring dan melatih potensi pesepak bola usia dini berbakat dari daerah yang memiliki julukan "negeri laskar pelangi". 

"Kami akan membina mereka supaya nantinya ada beberapa orang dari mereka bisa mewakili Belitung untuk bermain bersama tim nasional," katanya di Tanjung Pandan, Minggu. 

Hal ini disampaikan dia usai menutup jalannya pelaksanaan festival sepak bola Belitong FC U-11 dan U-13 di Stadion Pangkal lalang Tanjung Pandan, Minggu (29/8). 

Kompetisi tersebut sekaligus untuk memilih dan menyeleksi pemain sepak bola usia dini berbakat dari daerah itu kemudian diajak bergabung bersama akademi sepak bola Belitong FC. 

"Kami sudah dapatkan sekitar 30 sampai 40 pemain nanti akan diseleksi lagi untuk bergabung dan mulai berlatih karena satu bulan lagi akan ada kompetisi sepak bola usia dini di Provinsi," ujarnya. 

Dirinya menilai, potensi dan bakat bermain sepak bola anak-anak usia dini di daerah itu memang sudah terlihat namun kedepannya perlu diasah kembali agar menjadi profesional. 

"Potensinya sudah luar biasa sangat bagus tinggal kami poles sehingga mereka bisa terus berkembang diusia mereka "step by step" baik di usia sebelas tahun, tiga belas tahun dan selanjutnya,"  kata dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021