PT Timah Tbk menyalurkan bantuan sebanyak 100 unit tabung oksigen kapasitas enam meter kubik kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami berikan apresiasi tinggi kepada PT Timah yang selama ini sudah banyak membantu penanggulangan COVID-19 di Bangka Barat dan dampak sosial selama pandemi berlangsung, kami berharap bantuan yang disalurkan hari ini bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan oksigen bagi pasien yang dirawat di RSUD Sejiran Setason," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Senin.

Bantuan yang disalurkan merupakan bentuk respons cepat PT Timah Tbk dalam bidang kesehatan, terutama menambah persediaan oksigen di unit pelayanan kesehatan wilayah operasional perusahaan milik negara tersebut, seiring meningkatnya kebutuhan oksigen untuk perawatan pasien COVID-19 di Bangka Barat.

Bantuan oksigen dari PT Timah Tbk di Bangka Barat diserahkan Kepala Unit Metalurgi Mentok Wiyono diterima Bupati Sukirman didampingi Sekda M. Soleh, Kepala BPBD Bangka Barat, pejabat Organisasi Perangkat Daerah dan Tim CSR PT Timah.

Sebelum seremonial tersebut, PT Timah juga sudah menyiapkan sebanyak 1.000 tabung oksigen kapasitas enam meter kubik atau enam ton yang disalurkan secara bertahap ke delapan rumah sakit di Pulau Bangka.

"Bantuan oksigen ini merupakan bentuk kepedulian PT Timah dalam penanganan COVID-19 di Bangka Barat dan persiapan adanya kemungkinan kelangkaan oksigen," kata Sukirman.

Selain untuk memenuhi kebutuhan di RSUD Sejiran Setason, rencananya persediaan oksigen tersebut juga akan disalurkan ke beberapa fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

"Tujuan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan warga, terutama pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan, jadi distribusinya akan menyesuaikan kebutuhan di lapangan," katanya.

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Sejiran Setason, dr. Rudi Faizul Badri mengatakan RSUD Sejiran Setason merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien COVID-19 di Babel dan saat ini kebutuhan oksigen terus meningkat seiring bertambahnya jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di tempat itu.

"Persediaan oksigen di RSUD ini selain digunakan untuk perawatan pasien COVID-19 juga digunakan untuk pasien lainnya. Bantuan dari PT Timah kali ini sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021