Koperasi Plasma Kacang Butor Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menjual lada putih sebanyak 16 ton secara bertahap langsung ke salah satu perusahaan di  Jakarta.

Ketua Koperasi Plasma Kacang Butor Suhardi di Badau Belitung Jumat mengatakan, penjualan 10 ton ke salah satu perusahaan swasta setelah terjadi kesepakatan harga yang dianggap tidak saling merugikan kedua belah pihak.

"Total lada yang akan dikirim ke Jakarta sebanyak 16 ton tetapi untuk sementara dikirim terlebih dahulu enam ton sisanya atau sebanyak 10 ton akan dikirim kembali setelah kondisi pandemi COVID-19 dinyatakan sudah cukup aman," jelasnya.

Penjualan lada putih asal Belitung ke luar kota bahkan ke luar negeri, membuktikan bahwa lada putih banyak diminati pasar karena memiliki kualitas baik.

"Pihak swasta yang menerima lada putih asal Belitung sesuai kesepakatan dibeli sebesar Rp90 ribu per kilogram dan diharapkan ke depan harganya terus meningkat," jelasnya.

Belasan ton lada putih yang akan dikirim ke Jakarta kata Suhardi, dibeli langsung Koperasi Plasma Kacang Butor dan petani di luar anggota.

"Total anggota Koperasi Plasma Kacang Butor yang mengembangkan perkebunan lada putih tercatat 100 orang lebih dengan jumlah produksi panen mencapai 48 ton," katanya.

Pihaknya berkomitmen mendorong seluruh anggotanya tetap mengembangkan tanaman lada dan ke depan juga akan menjajaki kerja sama pemasaran lada lebih luas termasuk mengirim sampel ke luar negeri.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021