Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menobatkan Melati Erzaldi sebagai Bunda Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) 2021, guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Penetapan saya sebagai Bunda Germas merupakan komitmen bersama dari semua tatanan untuk menyukseskan Germas di Bangka Belitung," kata Melati Erzaldi saat kegiatan Penggerakan Germas Berkala Berkesinambungan di Semua Tatanan Tahun 2021 di Pangkalpinang, Selasa.

Melati Erzaldi juga sebagai Ketua PPK Babel mengatakan "Bunda Germas" ini merupakan inovasi dari Dinas Kesehatan Babel dan ini baru ada di Babel. Kenapa Bunda Germas? Bunda adalah satu sosok yang digunakan sebagai personal branding karena sosok 'Bunda' di dalam keluarga adalah tokoh sentral yang mampu mengedukasi keluarga secara persuasif.

"Bagaimana kita melakukannya? Tentunya dengan mendorong anggota keluarga melakukan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat," kata istri dari orang nomor satu di Kepulauan Babel itu.

Selain itu, kata dia penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.

"Dengan penobatan ini tidak hanya menjadi simbol, namun bisa menumbuhkan komitmen untuk terus mendorong masyarakat supaya bisa hidup sehat yang dimulai dari lini terendah, yakni di dalam keluarga," katanya.

Asisten Bidang Adminitrasi Umum Provinsi Kepulauan Babel Mulyono mengatakan terpilihnya istri orang nomor satu di Babel itu dikarenakan kapasitasnya sebagai Ketua PKK yang terkoneksi langsung dengan tokoh sentral dalam keluarga.

"Beliau sosok perempuan yang memiliki kapabilitas menjadi influencer dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021