Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional (Potradnas) tahun 2021 yang berlangsung mulai 21 - 24 Oktober mendatang.

"Kegiatan pembukaan Potradnas akan berlangsung di kawasan pantai wisata Tanjung Pendam," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Belitung, Soebagio di Tanjung Pandan, Senin. 

Ia mengatakan, sebanyak 21 Provinsi dipastikan akan ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut termasuk DKI Jakarta. 

"Pekan olahraga tradisional memang rutin digelar selama dua tahun sekali menjadi ajang kompetisi bagi atlet-atlet olahraga tradisional yang berprestasi di daerah masing-masing," ujarnya. 

Menurut dia, sebanyak lima cabang olahraga akan dilombakan dalam Potradnas tahun ini antara lain sumpitan, lari balok, egrang, katapel dan panah tradisional. 

"Lapangan perlombaan yang kami gunakan ada dua yaitu Stadion Pangkal Lalang dan Pantai Tanjung Pendam," katanya. 

Ia menambahkan, pihaknya juga menurunkan satu kontingen yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan itu. 

"Kami turun di semua cabang olahraga dengan target bisa meraih juara umum," ujarnya. 

Ia berharap, pelaksanaan pekan olahraga tradisional dapat lebih memperkenalkan olahraga tradisional kepada para generasi muda agar tidak dilupakan dan kedepannya bisa dilestarikan. 

"Di samping itu, dengan banyaknya orang atau peserta yang datang ke sini akan berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi dan pariwisata terutama bagi para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021