Jumlah penumpang kapal cepat di pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami peningkatan sebesar 20 persen dalam satu minggu terakhir.

"Peningkatan jumlah penumpang karena sejumlah kegiatan dan agenda pariwisata kembali dilaksanakan di Belitung," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Iswandi di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, jumlah penumpang kapal cepat Expres Bahari 3 E rute Tanjung Pandan menuju Pangkal Balam naik dari sekitar penumpang menjadi 200 penumpang dalam satu kali keberangkatan.

"Jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan Pangkal Balam juga sama yakni 200 an penumpang untuk satu kali keberangkatan," ujarnya.

Ia mengatakan, meningkatnya jumlah penumpang di pelabuhan itu dikarenakan banyak hal antara lain jumlah kasus COVID-19 yang melandai dan dokumen persyaratan perjalanan trasnportasi laut cukup mudah yakni cukup menunjukan hasil pemeriksaan antigen dan telah divaksin minimal dosis pertama.

"Selain itu di Belitung selama seminggu lalu di Belitung banyak digelar sejumlah acara dan kegiatan baik urusan kedinasan, olahraga dan pariwisata," katanya.

Iswandi menambahkan, dengan meningkatnya jumlah penumpang di pelabuhan itu maka pihak operator telah menambah jadwal keberangkatan dari dua kali menjadi tiga kali seminggu mulai awal November mendatang.

"Kami selaku pihak otorita pelabuhan sudah menerima informasi mengenai penambahan jadwal keberangkatan mulai 1 Novemeber mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan PT Sakti Inti Makmur (SIM) selaku operator kapal cepat Expres Bahari 3 E Ivan Febrianto di Tanjung Pandan, Senin mengatakan penambahan jadwal keberangkatan guna mengakomodir tingginya pergerakan penumpang di pelabuhan itu.

"Penambahan ini karena melihat mobilisasi masyarakat yang mulai meningkat dan "load factor" 70 persen dari permintaan kadang terisi atau terpenuhi," katanya.

Kapal cepat Express Bahari 3E berangkat dari pelabuhan Tanjung Pandan menuju Pangkal Balam setiap Senin, Rabu dan Jumat pukul 08:00 WIB

Sedangkan keberangkatan dari pelabuhan Pangkal Balam menuju Belitung setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 13:00 WIB.

Ivan menambahkan, syarat calon penumpang antara lain adalah telah mengikuti vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama, menunjukan surat keterangan hasil pemeriksaan antigen serta mengunduh aplikasi Peduli lindungi.

"Kemudian untuk syarat calon penumpang anak-anak berusia di bawah 12 tahun wajib menunjukan surat keterangan dari RT atau desa setempat," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021