Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan minta pengurus kabupaten Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) di daerahnya mampu meningkatkan atlet renang sejak usia dini guna dipersiapkan pada kejuaraan Porprov ke VI di Bangka Barat 2023.

"Saya minta pengurus PRSI sejak sekarang mempersiapkan atlet untuk diikutkan dalam kejuaraan Porprov ke VI Di Bangka Barat," katanya Mulkan seusai melantik pengurus PRSI Kabupaten Bangka periode 2021-2025.

Dorongan peningkatan atlet renang sejak dini kata bupati karena alasan pertimbangan potensi atlet renang asal daerahnya cukup banyak yang dianggap mampu bersiang tingkat provinsi.

"Rentang waktu Porprov ke VI yang masih cukup panjang, hendaknya dapat dipergunakan oleh pengurus atau pelatih mempersiapkan para atlet pada cabang renang," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan Porprov ke VI cabang renang yang diagendakan di Bangka Barat dengan menyediakan sarana kolam renang kelas standar kejuaraan.

"Kami siap menyediakan sarana kolam renang berstandar kejuaraan jika panitia pelaksanaan Porprov ke VI nantinya belum mempunyai sarana tersebut," kata Mulkan.

Sementara Ketua PRSI Kabupaten Bangka Boy Yandra menyatakan, siap meningkatkan prestasi cabang renang pada kejuaraan Porprov ke VI mendatang.

"Pengalaman pada kejuaraan Porprov ke V di Bangka Tengah 2019 yang lalu, atlet renang asal Kabupaten Bangka berhasil mendulang 15 medali emas," jelasnya.

Boy Yandra mengatakan, kelembagaan PRSI Kabupaten Bangka diisi oleh sejumlah anggota yang memiliki sumber daya manusia berkualitas baik dari tenaga wasit lisensi nasional sebanyak empat orang dan pelatih terdapat empat orang.

"Kami mencoba menambah jumlah wasit dan pelatih dengan harapan PRSI Kabupaten Bangka dapat lebih maju terutama meningkatkan kualitas keterampilan pada atlet renang," katanya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021