PT Timah Tbk menyalurkan 10.000 lembar masker, obat-obatan dan logistik untuk membantu masyarakat korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang Provinsi Jawa Timur, bentuk komitmen dan empati perusahaan membantu masyarakat korban bencana alam di daerah itu.

"Bantuan tahap pertama ini, kita fokuskan untuk kesehatan dan keselamatan masyarakat korban erupsi Gunung Semeru ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan bantuan tahap pertama yang disalurkan ke korban erupsi Gunung Semeru diantaranya 10 ribu lembar masker dan beberapa box obat-obatan yang dibutuhkan para korban. 

Sedangkan untuk logistik seperti selimut, peralatan bayi dan kebutuhan lainnya sudah disiapkan melalui Jakarta dan akan disalurkan melalui Posko Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Siaga Bencana di Lumajang Provinsi Jawa Timur.

"Kita ingin agar beban masyarakat korban erupsi Gunung Semeru ini dapat terkurangi, terlebih lagi saat ini korban di tengah pendemi COVID-19," katanya. 

Ia mengingatkan kepada tim untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

"Tim selama di Lumajang juga akan melakukan sejumlah survei untuk mengetahui kebutuhan spesifik warga," katanya.

Menurut dia tim ERG telah cukup berpengalaman turun membantu membaca seperti Tsunami di Aceh, Banjir Bandang di Pandeglang, Gempa di Lombok, Gunung Merapi di Yogyakarta dan sejumlah bencana lokal lainnya. 

"Dalam berbagai pengalaman penanganan bencana, tim ERG selalu mengedepankan wilayah-wilayah yang terparah terpapar bencana, serta masyarakatnya memang benar-benar membutuhkan pertolongan, baik medis maupun logistik," katanya.  **3**

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021