Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan bahan pangan untuk para korban banjir pasang di wilayah Mentok.

"Sampai saat ini tercatat sebanyak 542 kepala keluarga yang membutuhkan pertolongan karena rumahnya terendam, air banjir pasang," kata Ketu HKTI Kabupaten Bangka Barat Johan Vigario di Mentok, Sabtu.

Bantuan bahan pangan tersebut diserahkan langsung Ketua DPC HKTI Bangka Barat, didampingi Sekjen DPD HKTI Bangka Belitung dan diterima langsung Kepala BPBD Bangka Barat di posko siaga banjir Kampung Tanjunglaut.

Johan mengatakan jumlah sembako yang disalurkan sekitar 40 paket terdiri dari beras, mie instan, dan minyak kelapa.

"Kami berharap bantuan yang jumlahnya sedikit ini bisa ikut meringankan beban warga menghadapi bencana yang sedang dihadapi dalam beberapa hari terakhir," ujarnya.

Saat ini HKTI tidak hanya menyalurkan bantuan khusus di Bangka Barat, namun juga terus bergerak memberikan bantuan untuk warga yang terkena bencana, seperti Semeru dan di daerah lain sebagai bentuk kepedulian dan menjalankan instruksi dari pusat.

Kepala BPBD Bangka Barat Achmad Nursyandi mengatakan bantuan yang disalurkan HKTI akan dikelola dan segera disalurkan kepada korban banjir pasang di Mentok.

"Nanti bantuan ini akan langsung kami serahkan kepada warga korban dan terdampak yang tersebar di lima lokasi, mudah-mudahan HKTI terus bergerak dan berkontribusi untuk masyarakat," kata Nursyandi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021