Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) digelar hari ini di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara berlangsung dengan audiens terbatas untuk mematuhi protokol kesehatan.

Pada kegiatan ini diisi dengan sejumlah agenda di antaranya, penyerahan pataka Kesetiakawanan Sosial, penganugerahan Satya Lencana Kesetiakawanan Sosial, Sambutan Selamat Datang oleh Gubernur Bangka Belitung, dan tentu saja sebagai agenda inti Sambutan dan Arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Pada lokasi yang sama, juga digelar pameran Kesejahteraan Sosial Nasional (KSN).

Kementerian Sosial akan menyiarkan secara langsung acara puncak HKSN 2021, dari halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang, melalui link https://www.youtube.com/watch?v=hDgg-ClBc5M.

Tahun 2021 merupakan peringatan HKSN ke-64 dengan mengambil tema HKSN : “PERKOKOH SOLIDARITAS SOSIAL INDONESIA SEJAHTERA”.

Tema tersebut secara umum dapat dimaknai bahwa di tengah pandemi Covid 19, perlu dijalin solidaritas memperkuat ketahanan sosial. Tahun ini, kesetiakawanan dipandang sebagai modal sosial mewujudkan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. HKSN juga diharapkan dapat memperkuat integrasi sosial, berkomitmen memecahkan tantangan bersama, menuju Indonesia Sejahtera.

Kegiatan HKSN sudah dimulai di sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam berbagai aktivitas yang bernuansa penguatan kesetiakawanan sosial.

Mensos Risma telah tiba di Provinsi Kepulauan Babel dan langsung menggelar sejumlah kegiatan. Minggu pagi, Mensos meninjau dan meresmikan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kampung Tanjung Laut. Rutilahu itu akan dibuat menjadi rumah layak huni.

Dari sini, Mensos menghadiri peringatan puncak Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) di Lapangan Gelora Muntok, Bangka Barat.

Dari lapangan Gelora Muntok, Mensos juga menyempatkan diri mengunjungi Bukit Menumbing, lokasi bersejarah. Di bukit itulah Bung Karno hidup dalam pengasingan dan bersama tokoh bangsa Indonesia lainnya, mematangkan rencana sebelum berunding dengan Belanda.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021