Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan,Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan apresiasi kepada semua pihak penyelenggara pemilihan kepala desa secara serentak karena berjalan dengan baik dan lancar.

"Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades sudah selesai dan berjalan dengan baik serta lancar, saat ini kita sedang mempersiapkan untuk proses pelantikan,"kata Kepala Dinas Sosial,Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak,Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan Herman di Toboali,Selasa(21/12).

Disampaikannya untuk pelantikan rencananya akan digelar pada Jumat Tanggal 21 Januari 2022  tahun depan dilakukan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan. 

"Beberapa persiapan sudah disiapkan mulai dari pembentukan panitia pelantikan hingga lokasi kegiatan,"kata dia.

Herman mengatakan proses pilkades ini merupakan salah satu pesta demokrasi di tingkat desa dan mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat sehingga persiapannya harus matang.

"Dalam pelaksanaannya juga dipantau langsung oleh Kementerian Dalam Negeri dan alhamdulillah pilkades berjalan dengan tertib dan lancar,"katanya.

Menurut Herman sebanyak 31 Desa mengikuti pilkades ini,peserta yang ikut mulai dari kades lama atau incumbent hingga tokoh masyarakat dan pemuda. 

"Dalam pilkades ini ada sebanyak 12 orang kades lama dan 19 orang wajah baru,"kata dia.

Dirinya berharap Kepala Desa yang akan dilantik nanti dapat menjalankan tugas sesuai dengan amanat undang-undang dan harus  profesional,kredibel serta yang utama yaitu sebagai pelayan masyarakat.

"Bagi yang baru mungkin perlu beradaptasi dengan jabatan baru namun bagi yang lama hanya perlu meningkatkan kinerja saja,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021