Untuk meningkatkan kemampuan para lulusan SMA dan SMK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan mengurangi angka pengangguran, PT Timah Tbk mendukung program Pemagangan Luar Negeri dengan tujuan  ke Jepang bagi putra putri Bangka Belitung yang merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan.

Sebanyak 151 putra putri Babel yang mengikuti seleksi yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengikuti program ini. Untuk mendukung program ini PT Timah Tbk menyerahkan bantuan kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk keperluan seleksi sehingga tidak memberatkan para peserta.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Bangka Belitung, Elviyena mengatakan melalui program ini dapat meningaktkan kemampuan para putra putri di Babel dan mengurangi angka pengangguran. Dimana nantinya peserta yang lulus seleksi akan magang selama tiga tahun di Jepang. 

“Ini program dari Kementerian Ketenagakerjaan, kita tawarkan kepada anak-anak Babel, karena ini kesempatan, di sana mereka magang selama tiga tahun dengan gaji sekitar Rp 15 juta/ bulan. Setelah pulang mereka mendapatkan bantuan permodalan Rp75 juta dari Kementerian Ketenagakerjaan,” katanya saat menerima bantuan PT Timah Tbk, Kamis (23/12/2021). 

Ia mengatakan, bantuan dari PT Timah Tbk ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan seleksi ini, dimana para peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi seperti tes matematika, kesamaptaan, tes fisik dan tes kesehatan. 

“Mungkin karena informasinya belum terlalu tersebar, dan ini mepet juga dengan jadwal tes, sehingga persiapan anak-anak kita masih kurang. Sampai dengan tes fisik kemarin hanya lima peserta dari Babel yang lolos, masih ada tes medical check up, mereka juga perlu mentoring bahasa Jepang. Bantuan dari PT Timah Tbk ini nantinya juga untuk membantu itu,” katanya. 

Ia bersyukur, PT Timah Tbk sebagai dunia usaha dapat bahu membahu melaksanakan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Babel dan mengurangi angka pengangguran. 

“Kalau mengharapkan APBD kita sama-sama tau dengan kondisi saat ini banyak refocusing anggaran. Kita bersyukur PT Timah Tbk turut membantu, dengan ini artinya PT Timah Tbk juga ikut membantu meningkatkan kualitas anak-anak, karena kalau magang di Jepang kan mereka pasti memiliki etos kerja yang tinggi,” ujarnya. 

Kedepan, ia berharap sinergi dan kolaborasi antara PT Timah Tbk dengan Dinas Tenaga Kerja Bangka Belitung dapat terus terjalin melalui berbagai program. 

“Semoga ini bukan yang pertama dan terakhir, karena masih ada program yang bisa disinergikan. Kita juga berharap dunia usaha lainnya memiliki kepedulian yang sama peduli untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja bagi anak-anak babel sehingga bisa bersaing,” tutupnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021