Muntok (Antara Babel) - Panitia "Home Stay Fair 2015" yang digelar di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pemandu wisatawan agar para wisatawan semakin betah tinggal di daerah itu.

"Kami berharap upaya ini mampu membuat para pemandu wisata semakin cakap, berwawasan wisata, luwes dan memberikan pelayanan maksimal kepada para wisatawan yang datang ke Muntok," kata Panitia "Home Stay Fair" (HSF) 2015, Budi Susatyo di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, para pemandu wisata yang disiapkan untuk ikut berpatisipasi dalam "HSF 2015" merupakan pemandu yang baru pertama kali akan melayani dan mendampingi para tamu dalam kegiatan skala besar.

"Para pemandu yang kami siapkan adalah para anggota komunitas bahasa inggris 'Bond English Club Muntok', jadi secara detail belum memiliki kemampuan menjadi pemandu," kata dia.

Ia mengatakan, panitia berinisiatif merekrut komunitas tersebut karena memang selama ini di daerah itu belum ada kelompok atau perorangan yang biasa menjadi pemandu wisata.

"Pariwisata merupakan sektor baru yang mulai dibangkitkan oleh pemerintah, jadi kami berharap para pemandu wisata yang disiapkan bisa membantu pembangunan pariwisata daerah secara berkelanjutan," kata dia.

Untuk itu, dia berharap ke depan para pemandu wisata yang disiapkan khusus menghadapi HSF 2015 semakin tumbuh dan berkembang menjadi usaha masyarakat yang bisa bertugas menjalankan usaha pemanduan pariwisata di daerah itu.

Akhir bulan ini kami akan mendatangkan praktisi yang biasa mengurusi masalah pemanduan wisata dari Yogyakarta, kami berharap mereka bisa menyerap seluruh ilmu yang akan diberikan dalam pelatihan tersebut sehingga semakin terampil, kata dia.

Ia berharap ke depan pariwisata Bangka Barat semakin tumbuh dan bisa menjadi salah satu pilar ekonomi daerah untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015