Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan sebanyak lima ton daging bersubsidi untuk warga kurang mampu di daerah itu.

"Lima ton daging bersubsidi itu rencananya akan mulai kami bagikan pada 13 Juli ke seluruh enam kecamatan di daerah ini," kata Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Tengah, Edi Romdhani di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, daging bersubsidi itu dijual kepada warga kurang mampu seharga Rp40.000 per kilogram untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan daging menjelang Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Daging bersubsidi ini selalu kami sediakan setiap tahun menjelang Idul Fitri untuk membantu warga kurang mampu yang memiliki keterbatasan keuangan akibat mahalnya harga daging yang mencapai Rp100 ribu lebih per kilogram," ujarnya.

Ia menjelaskan, terdapat sekitar 6.000 warga kurang mampu di Kabupaten Bangka Tengah dan rincian pembagian daging yaitu Kecamatan Koba sebanyak 902 kilogram, Lubuk Besar 794 kilogram, Sungaiselan 1.038 kilogram, Simpangkatis 681 kilogram, Pangkalanbaru 981 kilogram dan di Kecamatan Namang sebanyak 604 kilogram.

"Dasar penetapan jumlah keluarga kurang mampu di setiap desa atau kelurahan sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Tengah berdasarkan data dari perangkat desa atau kelurahan," ujarnya menjelaskan.

Sistem pembagian daging itu sendiri yaitu dengan menggunakan kupon yang sudah dibagikan. "Warga kurang mampu tinggal menunjukkan kupon tersebut saat membeli daging bersubsidi," ujar Edi Romdhani.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015