Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong pemerintah desa mulai melakukan perubahan dengan beralih mengembangkan pelayanan berbasis digital.

"Pelayanan akan semakin baik, efektif dan efisien dengan pola pelayanan berbasis digital, hal ini juga sesuai dengan tuntutan perubahan zaman yang semakin modern," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, M. Soleh di Mentok, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini pola pelayanan dituntut semakin cepat, cermat dan transparan, hal ini sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Dengan digitalisasi yang dimulai dari pemerintah desa, diharapkan ke depan pelayanan akan semakin meningkat, baik secara kualitas dan kapabilitas sehingga masyarakat bisa merasakan adanya perubahan ke arah yang semakin baik.

"Salah satu desa yang sudah menjalankan digitalisasi pelayanan ini adalah Desa Sekarbiru yang beberapa hari lalu sudah melaksanakan peluncuran," katanya.

Menurut dia, peluncuran desa digital tersebut diharapkan akan memberikan motivasi bagi perangkat Desa Sekarbiru untuk terus melakukan inovasi dan bisa menular ke desa-desa lain untuk bersama-sama membangun Indonesia dari desa.

"Kami berupaya ke depan pelayanan di tingkat desa akan semakin baik dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Soleh.

Kepala Desa Sekarbiru Erwin Fauzi menjelaskan peluncuran desa digital dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kapabilitas pemerintah desa untuk menyejahterakan masyarakat dalam era 4.0 yang serba digital.

"Sebagai Kepala Desa Sekarbiru mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung program digitalisasi desa ini," katanya.

Dengan pelayanan digital, kata dia, pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat, lebih transparan dan bersih sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang lebih luas, mudah, cepat dan efisien.

Ia berharap program itu dapat memantik atau memicu semangat di desa-desa lain se-Bangka Belitung untuk menjadi desa digital karena dengan digitalisasi pelayanan kepada masyarakat jauh lebih baik, seperti dalam penyebaran informasi desa, aplikasi pelaporan masalah, arsip surat tanah, peta desa dan lainnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021