Pangkalpinang, (Antara Babel) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menargetkan perolehan 11 kursi DPRD provinsi pada Pemilu 2014.


"Kepercayaan masyarakat terhadap PKS semakin tinggi karena figur yang dicalonkan merupakan figur yang berkualitas dan kompeten untuk menduduki kursi DPRD," kata Ketua DPW PKS Babel Ridwan Thalib di Pangkalpinang, Minggu.


Ia menjelaskan, dari total 11 kursi DPRD provinsi yang ditargetkan, 10 kursi berasal dari daerah pemilihan (dapil) Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Belitung-Belitung Timur. Sedangkan satu kursi lagi diharapkan berasal dari dapil Bangka Tengah.


"Kami targetkan 100 persen peningkatan perolehan kursi DPRD Tingkat I pada Pemilu 2014. Sebelumnya, pada Pemilu 2009, PKS hanya memperoleh lima kursi DPRD Tingkat I yaitu berasal dari dapil Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Belitung-Belitung," ujarnya.


Ia mengatakan PKS mendaftarkan kembali anggota DPRD Babel dari PKS sebagai caleg pada Pemilu 2014 karena dekat dengan masyarakat dan juga memiliki basis pendukung masing-masing sehingga kemungkinan untuk memperoleh kursi lebih besar.


Selain itu, Kata Ridwan, PKS juga telah melakukan penjaringan terhadap calon profesional yang berasal dari luar partai secara tertutup untuk menjamin kualitas dan kredibilitas calon.


"Kami melakukan penjaringan 'person to person' calon profesional artinya kader dan simpatisan yang ditunjuk partai mengumpulkan data pribadi, basis massa, dan kepopuleran calon," ujarnya.


Ia menyatakan calon anggota DPRD Tingkat I yang diusung PKS harus memiliki basis massa pendukung karena masyarakat pemilih masih bersifat kedaerahan dalam menentukan caleg.


Menurut Ridwan, kesiapan dan stategi partai akan memberikan pengaruh besar pada perolehan kursi DPRD pada Pemilu 2014 karena persaingan yang semakin ketat.     "

"Mudah-mudahan dengan persiapan dan strategi yang matang, PKS Babel dapat memperoleh 11 kursi DPRD Tingkat I di daerah ini," ujarnya.


PKS akan menyerahkan daftar calon sementara ke KPU provinsi dan kabupaten/kota secara serentak pada 9 April 2013.

Pewarta: pewarta: aprionis/ Sutan

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013