Bupati Bangka Mulkan mendorong masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan minat baca guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

"Saya mendorong masyarakat agar meningkatkan daya minta membaca buku di perpustakaan maupun gerai bacaan lainnya," kata dia di Sungailiat,  Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu, usai meresmikan perpusatkaan daerah.

Dia mengatakan perpusatakaan daerah menyediakan ribuan buku dengan berbagai judul yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat.

"Mari kita bersama-sama ikut serta memajukan perpustakaan dengan mengajak anak-anak, rekan, saudara untuk gemar membaca buka dan datang ke perpustakaan, dengan gemar membaca akan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita," katanya.

Dia mengakui di era digitalisasi masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi tanpa harus berkunjung dan membaca buku di perpustakaan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Mina mengatakan hingga saat ini jumlah koleksi buku yang disediakan 18 ribu lebih buku dengan 13 ribu judul.

Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Sebagaimana tugas dan fungsinya, pihaknya melakukan pembinaan kepada perpustakaan desa dan sekolah SD dan SLTP.

Selama pandemi COVID-19, kata dia, jumlah pengunjung perpustakaan cenderung berkurang, hanya 1.034 pemustaka. Perpustakaan daerah dilengkapi satu unit mobil perpustakaan keliing.

Guna memberikan pelayanan pengunjung, pihaknya telah menyediakan ruangan seperti ruang pelayanan, ruang koleksi buku anak, ruang baca, ruang bermain anak, ruang referensi dan koleksi khusus, ruang "home theater", dan ruang perpustakaan.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022