Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, belum menerima pendaftaran dari calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati pada hari pertama dibukanya tahapan pendaftaran Pilkada 2015.

"Sampai berakhirnya jam kerja Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Bangka Barat belum ada satu calon dari partai politik yang mendaftar, kami perkirakan mereka akan hadir pada hari kedua dan ketiga," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Minggu.

Ia menerangkan, tahap pendaftaran calon peserta yang diusung partai politik dibuka pada Minggu hingga Selasa (28/7) dan dilayani sesuai jam kerja, yaitu mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB di kantor KPU kabupaten setempat.

Menurut dia, syarat pendaftaran yang harus dipatuhi. oleh seluruh calon peserta Pilkada 2015, yaitu pasangan calon peserta wajib datang sendiri dan didampingi oleh sekretaris dan ketua partai politik pendukung.

"Jika ada pengurus yang berhalangan hadir, wajib membuat surat mandat yan diberikan kepada pengurus lain dan membuat berita acara," kata dia.

Perkembangan politik yang beredar di daerah itu, Pilkada Kabupaten Bangka Barat akan diikuti sebanyak tiga pasangan yang seluruhnya diusung oleh partai politik yang ada di daerah itu.

Petahana Bupati Bangka Barat yang diusung Partai Keadilan Sejahtera kemungkinan akan berganti pasangan dengan petahana Wakil Bupati yang juga ingin bersaing memperebutkan jabatan bupati.

Selain dua kandidat kuat tersebut, kemungkinan besar mantan bupati periode sebelumnya, juga akan mencalonkan diri menjadi peserta Pilkada 2015.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015