Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk menggeliatkan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

"Membangun sektor kepariwisataan membutuhkan keterlibatan banyak pihak dan butuh waktu panjang, peran Pokdarwis kita perkuat sebagai ujung tombak dalam menggeliatkan sektor kepariwisataan," kata Kepala Disbudparpora Bangka Tengah Zainal di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, peran Pokdarwis sangat dibutuhkan dalam menggeliatkan kawasan destinasi wisata yang tersebar pada beberapa titik di daerah itu.

"Kita punya beberapa destinasi wisata, Pokdarwis menjadi ujung tombak dalam mengelola, mempromosikan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara," ujarnya.

Zainal menyebutkan, baru-baru ini pihaknya sudah melibatkan sebanyak 42 orang anggota Pokdarwis mengikuti pelatihan pengelolaan kawasan pariwisata.

"Sumber daya manusia di dalam Pokdarwis perlu ditingkatkan, sehingga mereka memiliki kompetensi dalam mengelola kawasan wisata," katanya.

Ia mengatakan, beberapa destinasi wisata di daerah itu dikelola langsung pihak Pokdarwis di bawah binaan pemerintah daerah.

"Bahkan ada beberapa kawasan wisata yang dikelola Pokdarwis dari awal, dalam artian mereka yang menyulapnya menjadi sebuah kawasan wisata," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022