Pangkalpinang (Antara Babel) - Polda Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar Penilaian Panitia Penentu Akhir (Pantuhir) dalam perekrutan anggota Polri tahun anggaran 2015 di gedung Tribrata, Selasa (28/7).

"Penilaian pantuhir ini akan kami laksanakan besok. Bagi peserta yang lulus akan menjalani pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lubuk Bunter dan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Ciputat," ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kepulauan Babel, Kombes Pol Zulfikar Tarius, Senin.

Ia menyebutkan, dalam pantuhir yang akan digelar secara terbuka tersebut panitia akan mengumumkan hasil secara langsung di hadapan seluruh peserta, orang tua dan pengawas eksternal Polri.

"Sebelum hasilnya diumumkan panitia akan dilaksanakan paparan terkait seluruh nilai hasil tes hingga proses verifikasi. Kemudian rumusan pembobotan yang telah ditentukan Mabes Polri dan terakhir hasil perangkingan yang menentukan kelulusan peserta," katanya.

Berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor ST/359/II/2015 tertanggal 17 Februari 2015 Polda Babel membuka penerimaan Brigadir, Tamtama dan Akpol pada 8-25 april.

Dalam pemenerimaan itu para pendaftar harus melewati beberapa seleksi mulai dari pemeriksaan registrasi administrasi (Regmin) awal, rikkes tahap I, tes psikologi, rikkes tahap II, pengujian kesamaptaan jasmani, regmin akhir, test akademik hingga sidang terbuka pantuhir.

Dikatakannya, perekrutan itu juga dipastikan bebas dari praktik KKN yang selaras dengan program prioritas Mabes Polri yang menekankan sistem rekrutmen secara terbuka yakni bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH).

"Dalam pelaksanaan perekrutan itu masyarakat juga diajak untuk berpartisipasi mengawasi setiap tahapan seleksi perekrutannya dan dipersilahkan melapor ke Bid Propam Polda Babel ataupun melalui pengaduan online di website Divisi Propam Polri," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015