Muntok (Antara Babel) - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali-Syaiful Fakah, yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi mendaftarkan diri menjadi peserta Pilkada 2015.

Pada Selasa sekitar pukul 14.00 WIB, di Muntok, pasangan tersebut mendatangi Kantor KPU setempat dengan didampingi pengurus, simpatisan partai politik pendukung dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat dari partai berlambang padi bulan sabit tersebut.

Zuhri merupakan bupati petahana yang pada masa periode kepemimpinannya didampingi Wakil Bupati Sukirman, namun pada Pilkada 2015 pasangan tersebut berpisah. PKS memilih memasangkan Zuhri dengan kader partai sendiri, yaitu Syaiful Fakah yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD kabupaten setempat.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut diterima langsung Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat, Martono, didampingi empat komisioner KPU setempat, Komisioner Panwaslu Kabupaten dan petugas pendaftaran.

Menurut Zuhri, PKS sengaja memilih mendaftar di hari terakhir karena ingin memberikan kesempatan kepada partai lain untuk mendaftarkan pasangan calon terlebih dahulu.

Pasangan Zuhri-Fakah merupakan pasangan ke tiga yang mendaftarkan diri menjadi peserta Pilkada Kabupaten Bangka Barat 2015, setelah pada hari sebelumnya pasangan Sukirman-Sapri mendaftarkan diri terlebih dahulu disusul pasangan Parhan Ali-Markus.

KPU Kabupaten Bangka Barat secara resmi membuka pendaftaran bagi pasangan calon peserta Pilkada 2015 yang diusung partai politik sejak Minggu (26/7) hingga Selasa (28/7).

"Hingga ditutupnya tahapan pendaftaran pasangan calon peserta Pilkada 2015, kami menetapkan tiga bakal pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bangka Barat, yaitu pasangan Sukirman-Safri yang diusung Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PBB," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi.

Sedangkan pasangan Parhan Ali-Markus yang didukung PDIP, Partai Hanura dan PAN, serta pasangan Zuhri M Syazali-Syaiful Fakah yang didukung PKS, katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015