Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terjadi penambahan dua kasus aktif di daerah itu sehingga total pasien yang menjalani perawatan sebanyak sembilan orang.

"Dua kasus penambahan kasus aktif berasal dari Kecamatan Belinyu yakni masing-masing inisial Fh (46) perempuan dan Ra (23) laki-laki, keduanya merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, dengan penambahan dua kasus tersebut, sisa pasien aktif yang masih menjalani perawatan kesehatan sebanyak sembilan orang terdiri empat orang dari Kecamatan Sungailiat, tiga orang dari Pemali dan dua orang dari Kecamatan Belinyu.

Total kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka selama dua tahun mencapai 9.850 kasus, 9.477 sembuh serta 364 pasien meninggal dunia.

Ribuan kasus itu terdapat di Kecamatan Sungailiat sebanyak 3.897 kasus, Riau Silip 530 kasus, Puding Besar 313 kasus, Pemali 1.838 kasus, Merawang 927 kasus, Mendo Barat 729 kasus, Belinyu sebanyak 1.454 kasus serta di Kecamatan Bakam terdapat 162 kasus.

"Angka kematian pasien COVID-19 terbanyak juga di Kecamatan Sungailiat mencapai 116 orang dan terendah di Kecamatan Bakam sebanyak delapan orang," katanya.

Boy Yandra minta masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan bagi pelaku perjalan hendaknya melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama dua sampai tiga hari.

Saat perayaan Imlek, Boy Yandra menyarankan agar menghindari kerumunan mengingat sebaran COVID-19 masih terjadi.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022