Koba (Antara Babel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Suryansyah mengatakan pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2015 menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

"Pelaksanaan tes pasangan calon yang ikut bertarung dalam Pilkada 9 Desember 2015 dilaksanakan pada Jumat (31/7)," ujarnya di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan pasangan calon didampingi pihak Ikatan Dokter Indonesia Bangka Tengah dan komisioner KPU.

"Hasilnya langsung diumumkan pada hari yang sama, kemudian langsung diserahkan kepada KPU sebagai syarat mutlak pasangan calon yang ikut bertarung dalam Pilkada," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika merujuk kepada Surat Keputusan KPU Bangka Tengah Nomor 15 Tahun 2015 bahwa pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada 26 Juli hingga 1 Agustus 2015.

"Namun pihak rumah sakit hanya memberi waktu pemeriksaan pasangan calon Pilkada Bangka Tengah pada 27 hingga 31 Juli karena ada hari libur dan banyak pasangan calon dari daerah lain yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD," ujarnya.

Ia mengatakan, ditunjuknya RSPAD Jakarta menjadi tempat pelaksanaan pemeriksaan bagi para calon peserta Pilkada Kabupaten Bangka Tengah 2015 karena tempat tersebut selama ini sudah terbukti memiliki kompetensi dan menjadi rujukan dalam beberapa kali penyelenggaraan pemilu.

"Hasil tes kesehatan yang dikeluarkan RSPAD akan disampaikan ke IDI dan akan diumumkan bersama KPU Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015