Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung membantu pemerintah daerah setempat dalam upaya mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19, varian Omicron di wilayah itu.

"Kami berpesan kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan 5M," kata Kepala Bidang Humas Polda Babel Kombes A. Maladi di Pangkalpinang, Jumat.

Dia menyampaikan hal itu menanggapi adanya beberapa warga yang terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron di Provinsi Babel dalam beberapa hari terakhir.

Ia mengatakan upaya pencegahan laju penyebaran Omicron akan terus digalakkan oleh Polda Babel disertai dengan menggencarkan kegiatan vaksinasi COVID-19.

"Bersama-sama dengan pemda dan TNI serta instansi terkait kita terus lakukan akselerasi vaksinasi kepada masyarakat. Ini adalah upaya kita bersama dalam mencegah laju penyebaran," katanya.

Menurut dia, saat ini kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 di wilayah Babel sudah mulai menurun, kemungkinan karena jumlah kasus semakin berkurang.

Untuk itu, selain menggelorakan vaksinasi, pihaknya juga terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan kesehatan dengan melakukan 5M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

"Kita akan mengerahkan para personel untuk ikut menggencarkan kampanye ini dan meminta masyarakat tidak kendor menerapkan protokol kesehatan, meskipun sudah divaksin tapi protokol kesehatan tetap diutamakan. Ini yang harus benar-benar kita edukasikan," kata Maladi.

Ia mengingatkan masyarakat agar tidak perlu takut menghadapi varian baru virus tersebut namun tetap disiplin terhadap protokol kesehatan serta melaksanakan vaksinasi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022