Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus meningkatkan kualitas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menyongsong forum internasional G20.

"Kita berharap saat G20 nanti, produk UMKM unggulan yang ditampilkan bisa mendongkrak pemasaran dan tentu saja mengutamakan kualitas," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan UMKM Kabupaten Belitung Timur, Gustaf Pilandra di Manggar, Sabtu.

Gustaf mengatakan itu menyikapi terpilihnya Pulau Belitung sebagai tuan rumah konferensi menteri pembangunan yang tergabung dalam forum internasional G20 pada September 2022.

"Saat ini kami sudah melakukan inventarisasi untuk memastikan produk UMKM sudah memenuhi persyaratan dan sesuai standar, baik itu dari segi halal dan higienis,” jelas Gustaf.

Bahkan pihaknya sudah mengukuhkan pengurus Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) yang akan menjadi garda terdepan dalam melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas produk UMKM.

"Gemawira adalah organisasi socialpreneur yang beranggotakan sekumpulan masyarakat pelaku UMKM yang independen dan bergerak di bidang kewirausahaan, memberikan pelatihan, bimbingan dan pembinaan wirausaha," jelasnya.

Ia mengatakan Gemawira merupakan mitra pemerintah dalam melakukan pembinaan para pelaku UMKM.

"Pengukuhan ini merupakan starting point kegiatan Gemawira terhadap UMKM untuk lebih memudahkan kita bersinergi dalam pembinaan bagi para pelaku UMKM," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022