Dinas Kesehatan (Dinkes ) Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka gerai vaksinasi COVID-19 akhir pekan atau Sabtu dan Minggu di sejumlah puskesmas setempat.

Kepala Dinkes Belitung, drg. Dian Farida di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Kamis, mengatakan gerai vaksinasi akhir pekan bertujuan meningkatkan realisasi vaksinasi di daerah itu.

"Gerai vaksinasi akhir pekan Sabtu dan Minggu kami buka di sejumlah puskesmas dengan jadwal yang telah disusun oleh petugas," katanya.

Ia berharap masyarakat yang belum mengikuti program vaksinasi agar segera mendatangi gerai vaksin yang tersedia.

"Terutama bagi masyarakat yang sudah enam bulan mengikuti vaksinasi kedua, agar segera mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau penguat," ujarnya.

Ia menambahkan vaksinasi berfungsi mencegah risiko penularan dan kematian akibat COVID-19.

"Maka dari itu kami terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat terutama vaksin dosis ketiga atau penguat," katanya.

Dikatakan dia, realisasi vaksinasi COVID-19 di daerah itu dosis pertama sebanyak 112.061 orang dari 145.010 sasaran atau 84,55 persen, dosis ketua sebanyak 109.529 orang atau 75,53 persen dan dosis ketiga 6.706 orang atau 5,27 persen.

Lebih lanjut, ia mengajak masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Karena saat ini kasus COVID-19 kembali meningkat maka kami harapkan protokol kesehatan terap dijalankan dengan sebaik mungkin," ujar dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022