Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pendataan dan menggandeng sejumlah komunitas literasi, untuk mendorong minat membaca masyarakat.

"Kita berusaha mendata semua komunitas literasi di daerah ini dan segera melengkapi data melalui link Badan Bahasa Pusat," kata Tim Visitasi Kantor Bahasa Babel, Edwin saat mengunjungi Rumah Literasi Babel di Pangkalpinang, Kamis.

Edwin menjelaskan, keberadaan komunitas literasi sangat membantu dan memberikan kontribusi dalam menumbuhkan semangat berliterasi masyarakat.

"Mereka bagian dari komunitas yang turut mencerdaskan anak bangsa, tentu kita gandeng dan diajak untuk sama-sama menjalankan program kebahasaan," katanya.

Sementara itu Ketua Komunitas Literasi Babel, Feriyandi  yang biasa di sapa Bung Komeng mengatakan bahwa rumah literasi yang didirikannya sudah aktif melaksanakan kegiatan dalam meningkatkan semangat berliterasi masyarakat.

"Kita juga memiliki pojok literasi pada beberapa tempat dan sekarang sedang mempersiapkan kegiatan Gebyar Peringatan Harbuknas yang akan dilaksanakan pada April 2022," jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa Rumah Literasi Bangka Belitung juga memiliki program rutinitas membina Gerakan Madrasah Literasi (Gemli) di sejumlah pondok pesantren, pelatihan menulis, lomba menulis dan berbagai kegiatan lainnya termasuk penguatan literasi berbasis inklusi sosial.

"Bagi yang ingin bergabung di Komunitas Literasi Bangka Belitung silahkan datang ke sekretariat atau menghubungi nomor whattsap 081368863535," tutup Komeng.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022