Untuk mendukung prestasi dan meningkatkan keahlian para atlet panahan di Bangka Barat, PT Timah Tbk menyediakan lapangan panahan sebagai wadah para atlet untuk berlatih mempersiapkan diri dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke IV yang akan dilaksanakan tahun depan. 

Bangka Barat akan menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga empat tahunan sekali ini, berbagai persiapan telah dilakukan. Tidak hanya venue pertandingan, namun juga atlet dari berbagai cabang olahraga terus berlatih, tak terkecuali atlet Panahan. 

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Bangka Barat, Ikhsan Taufik mengatakan cabang olahraga panahan di Bangka Barat baru terbentuk pada tahun 2018 dan sudah tercatat di KONI Bangka Barat. Saat ini cabang olahraga panahan terus berkembang dengan dukungan dari PT Timah Tbk. 

"Sebelum PT Timah membangun sarana latihan panahan di Unmet, atlet hanya berlatih di rumah. Kemudian anak-anak saya ajak ke sekolah latihan. Setelah ada beberapa club yang berdiri, barulah ada perhatian masing masing club, PAC , MEKA, kemudian baru kesini latihan gabungan,” katanya, Rabu (2/3/2022). 

Ikhsan menceritakan, pada tahun 2021 lalu pihaknya mengajukan peminjaman lapangan untuk latihan gabungan dari beberapa club untuk persiapan Porprov. Pasalnya tempat latihan club yang ada belum memenuhi standar. 

“Menurut saya, PT Timah menjadi pionir untuk perkembangan olahraga panahan di Bangka Barat," ungkapnya. 

Tak hanya menyediakan lapangan untuk latihan para atlet, PT Timah Tbk juga mendukung pertandingan panahan pada kejuaraan Open Bangka Barat Archery Competition yang akan dilaksanakan pada 11-13 maret mendatang. S

Kejuaraan ini akan mempertandingkan semua kelas termasuk Horsebull (panahan tradisional). Event ini selain mengasah kemampuan atlit sekaligus untuk mencari bibit atlit yang akan berlaga ke Porprov. 

“Support PT Timah Tbk untuk panahan di Bangka Barat tidak hanya lapangan tapi juga mendukung event panahan baik secara moril maupun materil. Beberapa event juga kita didanai PT Timah Tbk,” katanya. 

"Kita ucapkan terima kasih kepada PT Timah, Semoga tetap konsisten mendukung panahan di Bangka Barat,” sambungnya. 

Meski Cabang Olahraga panahan terbilang baru di Bangka Barat, namun telah berhasil mengukir berbagai prestasi. Dimana baru-baru dalam kejuaraan tingkat Provinsi di Mandara Pangkalpinang, atlet panahan dewasa berhasil meraih perunggu dan tingkat anak-anak ada yang berhasil meraih emas dan perunggu. 

Salah satu atlet Panahan Bangka Barat, Putri Ayu Azahra (11) yang berhasil meraih medali emas di Kejuaran Mandara Pangkalpinang ini bercita-cita ingin menjadi atlet  panah nasional

"Insya Allah ingin jadi atlit nasional,  Di kejuaraan Kejuaraan Open Bangka Barat Archery Competion 2022 di pemda tingkat kabupaten Bangka Barat harapannya dapat emas kembali agar dapat mewakili Bangka Barat di ajang Porprov 2023. Terima kasih PT Timah sudah mendukung untuk mewujudkan cita-cita ayu dengan adanya tempat latihan yang memadai,” katanya. 

Senada, atlet panahan termuda Adam (6) siswa sekolah di SD IT AL Ikhsan begitu semangat membidik busur panahan saat latihan. Dirinya pun tertarik untuk menjadi atlet penahan. Baginya banyak keseruan seperti melatih fokus dan lainnya. 

"Pertama diajak ayah berlatih cukup senang, karena selain ada seni, diajarkan fokus untuk  membidik agar tepat sasaran, mudah-mudahan nanti di event dapat prestasi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022