Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mendorong warga setempat gemar memakan ikan, untuk mendapatkan asupan gizi seimbang dan mencegah kasus kekerdilan pada anak.

"Pemerintah terus mendorong dan mengampanyekan kepada warga untuk gemar memakan ikan melalui berbagai kegiatan di antaranya demo memasak serba ikan dan bazar ikan," katanya di Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu.

Ia mengatakan sebagian besar wilayah Bangka Tengah dikelilingi laut dengan potensi perikanan tinggi dan produksi yang banyak.

"Tentu saja warga mudah mendapatkan ikan, bahkan sebagian warga ada yang bekerja sebagai nelayan yang tentu saja sudah terbiasa lidahnya dengan menu ikan," katanya.

Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Taufik mengatakan konsumsi ikan masyarakat daerah setempat sudah di atas rata-rata nasional, yaitu 55 kilogram/kapita/tahun.

"Bahkan konsumsi ikan masyarakat kita tertinggi dibanding kabupaten lain, namun masih perlu ditingkatkan agar kesehatan masyarakat meningkat," katanya.

Pemkab Bangka Tengah terus mengembangkan sektor perikanan dengan memberdayakan masyarakat pesisir melalui program industri perikanan rumah tangga.

"Dinas terkait kami minta fokus mengembangkan industri hilir perikanan dengan memberdayakan masyarakat pesisir untuk mengembangkan usaha 'home industry' (industri rumah tangga) yang berbahan baku ikan," ujarnya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022