Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) untuk menyukseskan program kota pintar.

"Kita menyambut baik kerja sama dengan ICON+, dalam rangka mewujudkan kabupaten "smart city" (kota pintar) dan membentuk masyarakat melek digital," kata Bupati Belitung Timur, Burhanuddin usai menggelar pertemuan dengan pihak ICON+ di ruang kerjannya, Selasa.

Burhanuddin menjelaskan, program kota pintar di daerah itu juga dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Saat ini masyarakat sedang bertransformasi menuju masyarakat digital, bahkan anak-anak pun sudah jago dalam mengoperasikan berbagai aplikasi termasuk sekolah daring," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan dukungan nyata sebagai upaya memenuhi kebutuhan implementasi literasi digital.

"Selain itu momentum G20 2022 sangat memerlukan dukungan akses internet khususnya di lokasi kunjungan dan kawasan wisata," kata dia.

Begitu juga pihaknya akan mendukung suksesnya perhelatan G20 2022 yang salah satunya tempat penyelenggaraannya di Pulau Belitung.

"Kami sepakat akan menyukseskan perhelatan G20, tentunya dengan kesiapan infrastruktur teknologi, informasi dan komunikasi," jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur Bayu Priyambodo mengatakan pihaknya mengajak ICON+ untuk mewujudkan pemulihan ekonomi pascapandemi yang dilakukan melalui gerakan menuju kota pintar.

"Itu untuk memastikan implementasi TIK dalam proses manajerial dan transaksi yang berlangsung di kawasan wisata prioritas dengan membantu pemerintah daerah dalam penyediaan akses internet gratis pada kawasan wisata prioritas untuk meningkatkan kunjungan wisata," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022