Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan kegiatan pasar tani sebagai upaya memfasilitasi para petani memasarkan hasil panen dan bahan pangan olahan lain.

"Kami rencanakan kegiatan ini bisa rutin mingguan setiap Jumat, kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut untuk membantu para petani menjual langsung hasil panen dan warga pelaku usaha produk olahan hasil pertanian," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat Aryanto di Mentok, Senin.

Menurut dia, keberadaan pasar tani akan sangat membantu para petani dan pelaku usaha olahan dalam menjual produk yang dihasilkan sekaligus memudahkan warga mendapatkan produk segar dan murah.

Pemkab Bangka Barat juga akan meningkatkan peran penyuluh pertanian agar bisa memberikan motivasi kepada para petani memanfaatkan kegiatan tersebut dan mengoptimalkan hasil produksi.

"Pada awalnya kami rencanakan kegiatan ini bisa digelar sepekan dua kali, Kamis dan Jumat, namun karena masih dalam masa pandemi maka hanya sekali setiap Jumat," katanya.

Selain memberikan ruang kepada para petani, saat ini pihak panitia juga sedang mencari pemasok barang untuk berpartisipasi di dalam kegiatan itu.

"Ini peluang untuk petani lokal agar bisa menjual langsung ke masyarakat dan membantu masyarakat mendapatkan produk segar. Pasar tani sebetulnya ditujukan untuk umum, namun untuk saat ini masih berlaku terbatas," katanya.

Produk-produk yang tersedia di pasar tani antara lain sayuran segar, buah-buahan, bahan pangan pokok, produk olahan dan berbagai kebutuhan lainnya.

"Kalau harga yang ditawarkan masih di bawah harga pasar. Memang tujuannya kami hanya untuk memfasilitasi petani lokal untuk memasarkan hasil tani langsung ke masyarakat. Tapi ke depan nanti sistemnya akan berubah ketika sudah punya pemasok tetap, mungkin akan kami berlakukan pola lebih terbuka," katanya.

Fasilitasi kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah membantu petani memasarkan berbagai produk  ertanian, seperti sayur mayur, buah-buahan, produk olahan hasil pertanian dan berbagai bahan kebutuhan lainnya

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022