Kepengurusan Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masa jabatan 2022-2027 resmi dikukuhkan.

Peresmian pengukuhan Dekopin Babel dilakukan oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah di Pangkalpinang, Selasa.

Kegiatan ini juga disertai dengan penandatangan MoU pengelolaan keuangan dan pembiayaan dengan Kepala Bank Sumsel Babel bersama Ketua Umum Dekopin Babel Datuk Ramlih Sutan Negara.

Wagub Abdul Fatah berharap, kehadiran Dekopin mampu membangkitkan perekonomian di Babel. "Melalui pelantikan ini, menandai kepada kita semua mengenai eksistensi Dekopin," ujar wagub.

keleluasaan penggunaan ekosistem digital dalam pengelolaan koperasi (seperti Rapat anggota bisa secara online sesuai gaya hidup saat ini) dan memberi  peluang akses pasar yang besar dengan adanya kuota 40 persen pengadaan barang atau jasa pemerintah dan pagu 15 miliar rupiah untuk koperasi dan UMK. Adanya berbagai  kemudahan tersebut,diprediksi akan melahirkan model koperasi inovatif seperti platform co-op atau community co-op serta amalgamasi merger atau akuisisi koperasi.

Untuk meningkatkan kapasitas akan semakin lumrah dan dekopinwil dalam hal ini menjadi mitra pemerintah dalam mengambil peran strategis dalam pemberdayaan dan pengembangan koperasi.

Ke depan, ia mengarahkan Dekopin agar dapat membangun konsolidasi. 
"Koperasi kita harus mampu bersaing. Sesuai data dinas bahwa di Babel cukup besar dari UMKM-nya, namun banyak juga yang tersendat karena modal. Maka inilah salah satu akses tersebut," ungkapnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022