Muntok (Antara Babel) - Panitia "Home Stay Fair IMT-GT dan Workshop Oldtown 2015" (HSF) yang akan digelar di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sembilan objek wisata unggulan untuk dikunjungi peserta perwakilan seluruh negara Asia Tenggara.

Sembilan objek wisata tersebut terdiri dari enam cagar budaya yaitu Pesanggrahan Menumbing, Pesanggrahan Muntok, Kelenteng Kong Fuk Miau, Museum Timah Indonesia, Rumah Mayor Cina dan Masjid Jami, dan tiga objek wisata unggulan lain yaitu objek wisata religi Makam bangsawan Melayu, Menara Suar Tanjungkalian dan Pantai Asmara.

"Awalnya kami menyiapkan delapan objek wisata untuk dijadikan lokasi kunjungan utama, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya kami tambah Pantai Asmara untuk diikutkan sebagai lokasi "city tour"," kata Ketua Divisi Tujuan Wisata HSF 2015 Bambang Haryo Suseno di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sembilan objek wisata tersebut selama ini memang menjadi andalan Muntok untuk menarik wisatawan karena memiliki nilai sejarah, religi, dan keindahan yang tidak ada di daerah lain.

Menurut dia, saat ini sembilan objek wisata unggulan tersebut sudah ditingkatkan fasilitasnya dan cukup layak dikunjungi tamu dan peserta kegiatan IHSF 2015.

"Kami berharap para tamu dan peserta terkesan dengan objek yang disajikan dan sambutan warga lokal sehingga bisa menjadi promosi pariwisata daerah ke tingkat internasional," kata dia.

Kegiatan Kementerian Pariwisata tersebut akan menjadi pertaruhan pengembangan kepariwisataan Bangka Barat ke depan.

Kegiatan yang akan melibatkan perwakilan seluruh negara se-Asia Tenggara tersebut memiliki peluang bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat khususnya sektor pariwisata.

"Kami memiliki beban cukup berat untuk menyukseskan perhelatan tersebut karena kegiatan bertaraf internasional seperti itu baru pertama kali akan digelar di Bangka Barat, kami berharap kegiatan berjalan sukses seperti penyelenggaraan kegiatan yang sama di Sawahlunto dua tahun lalu," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015