Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pangkalpinang, Akhmad Elfian menyebutkan selama 2015 di daerah itu akan dilaksanakan 58 kegiatan dalam rangka menunjang pariwisata kota itu.

"Sejumlah 58 kegiatan itu sudah masuk pada even atraksi atau kelender wisata dan akan dilaksanakan secera rutin setiap tahunnya," ujarnya di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun ini yakni festival Cengbeng. Pihaknya juga sudah menjadikan Cengbeng sebagai ikon pariswisata khusus untuk etnis Tionghoa.

"Festival Cengbeng ini sudah kami luncurkan menjadi kelender nasional, sehingga kami yakin festival Cengbeng ini kedepannya bisa menatik minta wisatawan untuk menyaksikan kegiatannya," ujarnya.  
    
Sedangkan untuk even budaya yang berhubungan dengan warga Melayu, pihaknya melaksanakan kegiatan festival budaya Pangkalpinang pada perayaan hari jadi Kota Pangkalpinang pada 17 September mendatang.

"Pada festival budaya Pangkalpinag nanti, kami akan mengadakan festival nganggung akbar, festival seroja, fetival budaya lintas etnik dan pementasan tari kolosal. Semua festival itu sudah masuk dalam kalender pariwisata Pangkalpinang," katanya.

Ia mengatakan, beberapa kegiatan lain guna menunjang pariwisata di Kota itu, pihaknya sudah mempunyai agenda seperti pekan wisata ekspo dan Pangkalpinang fair yang dilaksanakan pada September mendatang.

"Puncak kegiatan maupun fetival yang masuk dalam kalender pariwisatan Kota Pangkalpinang akan dilaksanakan pada September mendatang," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015