Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, membantu masyarakat mengembangkan cempedak yang merupakan buah khas lokal menjadi produk aneka makanan bernilai ekonomis tinggi.

"Kami akan mendorong kretifitas masyarakat untuk mengembangkan produk makanan yang bahan bakunya dari buah cempedak," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Bangka Tengah, Useng Komara di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah tertarik mengembangkan produk makanan dari buah cempedak karena bahan bakunya cukup banyak dan sangat mudah mendapatkannya.

"Harga buah cempedak juga lumayan tinggi jika dijual ke luar daerah karena tanaman hutan khas lokal ini sangat sulit ditemukan di daerah lain," ujarnya.

Menurut dia, buah cempedak dengan aroma dan rasanya yang sangat bagus tentu cocok menjadi bahan baku makanan jenis kue dan makanan lainnya.

"Sebelumnya memang sudah ada masyarakat yang membuat produk makanan berbahan baku buah cempedak ini, namun hanya sebatas makanan lokal untuk konsumsi pribadi saja padahal rasanya lumayan enak," ujarnya.

Justru itu, pihaknya tertarik untuk mengemas produk tersebut menjadi menarik dan memiliki daya jual cukup tinggi.

"Dengan demikian, masyarakat tidak menganggap buah cempedak sebagai tanaman yang tidak memiliki harga tetapi sebaliknya menjadi buah yang memiliki nilai ekonomis tinggu," ujarnya.

Ia mengatakan,  satu buah cempedak yang sudah dikemas dengan baik kalau dijual keluar daerah dihargai lumayan mahal.

"Justeru itu, kami mendorong masyarakat untuk lebih kreatif mengolah cempedak menjadi produk makanan yang memiliki harga tinggi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015