Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong kemandirian para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan meningkatkan kualitas kemasan produk.

"Ada tiga hal yang perlu dikuatkan agar para pelaku UMKM kita bisa mandiri, yaitu kualitas produk, kuantitas dan kontinuitas produksi, jika ini bisa dijaga, kami yakin usaha mereka akan semakin berkembang dan mandiri," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh di Mentok, Jumat.

Pemerintah Daerah akan terus berupaya melakukan pendampingan, pelatihan dan pemasaran agar para pelaku usaha tersebut bisa bersaing di dalam maupun luar daerah.

Salah satu upaya pendampingan dan peningkatan keterampilan bagi para pelaku UMKM, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Palembang mengadakan pelatihan kewirausahaan mandiri bagi 75 pelaku UMKM binaan dan terdaftar.

"Kami ingin adanya kerja sama pelatihan ini bisa membuka wawasan baru dan pola pikir baru bagi pelaku UMKM agar semakin kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.

Dalam pelatihan itu difokuskan kepada para pelaku usaha kuliner dengan materi peningkatan pemahaman pemasaran produk kuliner agar lebih menarik.

"Dalam pelatihan ini kita sengaja bekerja sama dengan Indomaret agar para pelaku usaha mengenal pengemasan, pendistribusian barang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan standar yang sudah diterapkan di ritel tersebut," katanya.

Ia berharap melalui pelatihan itu bisa meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM untuk meningkatkan produknya dan juga produktivitasnya.

"Dengan mampu menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas produksi kami yakin produk akan lebih dikenal di seluruh wilayah di Indonesia dan diminati konsumen," katanya.

Dengan memiliki keterampilan dan pola pikir maju dan ingin terus berkembang diyakini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha yang dijalankan dan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah.

"Saat ini Diskominfo Bangka Barat telah menyiapkan aplikasi bagi para pelaku UMKM yang ingin memasarkan atau mempromosikan produk secara gratis," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022