Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan program pembinaan pecatur usia dini di daerah itu untuk dipersiapkan dalam berbagai ajang dan kejuaraan mendatang.

"Program pembinaan ini adalah untuk mencari bibit-bibit unggul sekaligus atlet-atlet catur berpotensi yang akan maju terdepan dalam mengharumkan nama Belitung melalui olahraga catur,," kata Ketua Percasi Belitung Sriwana di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, selain fokus menyiapkan pembinaan pecatur usia dini, pihaknya juga akan menyusun program pembinaan pecatur muda dan senior di daerah itu.

"Kami juga akan menyiapkan program pembinaan dan pelatihan secara berjenjang sesuai tingkatan mulai dari usia dini, muda dan senior," ujarnya.

Dia menilai, cukup banyak putra-putri di daerah itu yang memiliki bakat dan potensi dalam olahraga catur, namun sayangnya potensi tersebut belum tersalurkan secara maksimal sebagaimana mestinya.

"Maka dari itu kami Percasi Belitung akan terus berjuang membesarkan dan mengembangkan pecatur-pecatur Belitung sehingga mereka mempunyai potensi untuk maju ke liga provinsi, nasional maupun internasional," katanya.

Sriwana menambahkan, Percasi Belitung juga akan menggelar kejuaraan dan turnamen catur dengan mengundang klub-klub catur setempat.

"Selain untuk membesarkan olahraga catur melalui turnamen ini kami juga dan mencari bibit-bibit pecatur unggul dari setiap klub yang ada di Belitung," ujarnya.

Ia berharap, adanya dukungan dari pemerintah setempat dalam mengembangkan dan membesarkan olahraga catur di daerah itu.

"Kami berharap adanya dukungan berupa penyediaan sekretariat dari pemkab sehingga di situ kami dapat berkumpul sekaligus menyusun dan mempersiapkan program kerja," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022