Muntok (Antara Babel) - Peserta kegiatan pariwisata bertajuk "Home Stay Promotion Fair 2015" yang dilaksanakan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung diajak mengunjungi sejumlah objek wisata di kota tua tersebut.

"Sembilan objek wisata bukti Muntok sebagai kota sejarah dan kota tua kami siapkan untuk dijadikan objek kunjungan selama sehari, kami berharap para peserta mendapatkan gambaran daya tarik pariwisata di daerah itu," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Eko Nugroho, di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, sejak pagi peserta "Home Stay Promotion Fair 2015" (HSPF) yang dibagi menjadi beberapa kelompok mulai mengunjungi sejumlah objek wisata kota tua, yaitu Rumah Mayor China, Kelenteng Kong Fuk Miaw, Masjid Jamik dan Makam Bangsawan MelaySetelah empat objek tersebut, para peserta diarahkan untuk mengunjungi Pesanggrahan Menumbing yaitu kastil tempat sejumlah tokoh pejuang Kemerdekaan RI yang diasingkan ke Muntok, pada 1948-1949

"Di lokasi tersebut para peserta selain mengunjungi tempat bersejarah tersebut juga akan dijamu dengan makan siang dan berbagai hiburan seni lokal," kata dia.

Setelah istirahat dan makan siang di lokasi tersebut, para peserta kembali diajak berkeliling Muntok dengan mengunjungi Menara Tanjung Kalian, Pantai Asmara sambil menyaksikan matahari terbenam di lokasi tersebut.

"Di Pantai Asmara para peserta disuguhi permainan tradisional seperti gasing, layang-layang dan lainnya," kata dia.

Melalui "city tour" tersebut diharapkan para peserta semakin mengenal objek wisata, adat dan budaya lokal yang nantinya bisa dipromosikan di daerah asal masing-masing peserta.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap pariwisata Bangka Barat, khususnya Muntok sebagai kota tua yang memiliki banyak sejarah semakin berkembang dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015