Arus mudik di wilayah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diketahui aman dan lancar baik kendaraan yang menuju ke Pelabuhan Mentok Bangka Barat maupun di Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang.

"Kondisi lalu lintas di Kabupaten Bangka yang menuju ke sejumlah wilayah dalam provinsi masih aman lancar," kata Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan melalui Kabag Ops Polres Bangka AKP CAPT Yordansyah dalam keterangan, Minggu.

Dia mengatakan arus mudik lebaran di wilayah Kabupaten Bangka tidak sepadat kendaraan di kota besar di Indonesia karena berada di jalur lintas yang menghubungkan ke daerah lain.

Untuk jalur penyeberangan angkutan penumpang dan barang berada di Pelabuhan Mentok Bangka Barat yang menghubungkan pulau Bangka dan Palembang, kemudian pelabuhan penyeberangan di Pangkal Balam, Sadai Bangka Selatan serta angkutan jasa penerbangan berada di Kota Pangkalpinang.

"Sedangkan moda angkutan darat dari Kota Sungailiat menuju pusat ibu kota provinsi Bangka Belitung dan beberapa kota lain diketahui aman dan lancar dengan volume kendaraan mencapai sekitar ratusan unit," jelasnya.

Petugas pengamanan dan layanan Operasi Ketupat Menumbing 2022 kata Yordansyah selalu siap "stand by" di masing - masing pos seperti Pos pelayanan BKPM Jalan Jendral Sudirman Sungailiat, Pospam Pantai Matras Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Pospam Simpang Belinyu, Bakam dan Pospam Simpang Jurung Kecamatan Merawang.

"Semua personel yang bertugas di pos pengamanan dan pelayanan dituntut harus siap memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk mengatur arus mudik baik saat sebelum lebaran dan setelah lebaran," ujarnya.

Operasi Ketupat Menumbing di Kabupaten Bangka 2022 terhitung dari Kamis 28 April hingga 9 Mei 2022, telah dibuka pos pelayanan lebaran 1443 Hijriah di empat titik. Pos pengaman dan pelayanan selama operasi Ketupat Menumbing 2022, melibatkan personel TNI, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Senkom dan pramuka serta tenaga kesehatan yang jumlahnya mencapai 120 orang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022