Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan memastikan wilayahnya tetap aman dan terbit meskipun banyak warga yang mudik lebaran ke daerah lain di luar Pulau Bangka.

"Saya pastikan wilayah Kabupaten Bangka tetap aman dan tertib selama lebaran Idul fitri 1443 Hijriah," kata bupati di Sungailiat, Minggu.

Dia mengatakan, secara umum wilayah Kabupaten Bangka seperti hari - hari biasanya tetap aman dan tertib bahkan dikenal sebagai daerah yang kondusif.

"Selama lebaran Idul Fiftri telah di buka pos Operasi Menumbing 2022 di beberapa tempat guna menjamin keamanan, ketertiban masyarakat bahkan kelancaran pemudik lebaran," jelasnya.

Tahun ini cukup banyak warga yang mudik lebaran keluar pulau Bangka seperti ke Palembang, Lampung, Jawa dan sejumlah daerah lain setelah pemerintah memberikan izin mudik lebaran.

"Saya ingatkan pemudik agar memperhatikan dan mengutamakan keselamatan di perjalanan serta memastikan kondisi rumah yang ditinggalkan aman seperti tidak ada ancaman kebakaran dengan memastikan semua potensi api dan lain," katanya.

Pemerintah desa dan masyarakat desa harus saling berkoordinasi termasuk melakukan pengawasan seperti ronda malam dan lainnya. Warga yang datang berkunjung juga harus melapor atau diketahui oleh RT setempat.

Sementara Ketua MUI Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaiful Zohri mengatakan, untuk kegiatan takbir keliling sampai saat ini belum ada informasi izin dari pemerintah daerah.

"Ada kemungkinan kegiatan takbir keliling malam lebaran ditiadakan karena belum mendapat informasi izin dari pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022