Nelayan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memutuskan untuk libur melaut guna merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022  bersama para keluarga.

"Para nelayan libur melaut dan memilih berkumpul dengan keluarganya untuk merayakan Lebaran," kata Kepala Seksi Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjung Pandan, Yovan Aspirandi di Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa.

Menurut dia, para nelayan di daerah itu memanfaatkan momentum Idul Fitri 1443 Hijriah dengan berkumpul bersama para keluarga.

Ia mengatakan sejak H-3 Lebaran sejumlah kapal nelayan mulai merapat dan bersandar di dermaga PPN Tanjung Pandan.

"H-3 Lebaran kapal-kapal nelayan mulai bersandar di dermaga PPN Tanjung Pandan sehingga kondisi areal dermaga cukup padat," ujarnya.

Dia menyebutkan kapasitas dermaga PPN Tanjung Pandan pada hari-hari biasa dapat menampung sekitar 250-300 kapal nelayan.

"Namun pada libur Lebaran ini kami perkirakan ada sekitar 350 sampai 400 kapal nelayan bersandar di PPN Tanjung Pandan," katanya.

Yovan menambahkan nelayan di daerah itu akan kembali turun melaut pada hari ketiga setelah Lebaran.

"Pada hari ketiga Lebaran biasanya sebagian para nelayan sudah kembali melaut, namun pelayanan di PPN Tanjung Pandan kembali normal pada, Senin (9/5) mendatang usai cuti bersama," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022