Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprediksi mulai meningkat arus balik di Pelabuhan Tanjung Pandan akan berlangsung mulai Jumat (6/5) atau H+5 Lebaran 2022, dan mencapai puncaknya pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5).

"Kami prediksi puncak arus balik akan berlangsung mulai H+6 dan H+7 meskipun pada H+5 sudah terjadi peningkatan jumlah penumpang," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Iswandi seizin Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Anggiat Douglas Silitonga di Tanjung Pandan, Rabu.

Arus balik di pelabuhan Tanjung Pandan dilayani oleh satu kapal cepat Express Bahari 3 E rute Tanjung Pandan - Pangkal Balam dengan kapasitas 450 penumpang.

Selain itu kata dia, puncak jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan juga diprediksi akan terjadi pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5).

Dikatakan dia, hal ini dikarenakan merupakan hari terakhir masa cuti bersama atau libur panjang dalam rangka merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Sehingga pergerakan penumpang kami prediksi pada hari-hari tersebut cukup tinggi karena sebagian orang pasti akan memilih berangkat pada waktu tersebut," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Iswandi, arus balik Lebaran 2022 di pelabuhan Tanjung Pandan mulai berlangsung pada hari ini, tercatat sebanyak 217 penumpang berangkat menggunakan kapal cepat Express Bahari 3 E menuju Pangkal Pinang.

"Keberangkatan kapal cepat Express Bahari 3 hari ini merupakan jadwal pertama setelah libur dua hari dalam rangka Idul Fitri 1443 Hijriah," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022