Personel Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan patroli subuh keliling guna mengendalikan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Patroli subuh keliling dengan mengunjungi masjid-masjid ini sudah berjalan selama setahun terakhir. Kita berdialog dengan para pengurus dan jamaah terkait situasi terkini dan upaya bersama menjaga keamanan dan ketertiban," kata Kepala Satuan Binmas Polres Bangka Barat Iptu Edwar di Mentok, Senin.

Menurut dia, kegiatan patroli subuh keliling dinilai efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing agar warga bisa aman, nyaman, tertib dan semakin produktif.

"Patroli subuh keliling tidak hanya dilakukan personel Satbinmas, namun juga personel di Polsek jajaran dan para Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa dan kelurahan," katanya.

Edwar mengatakan Polres Bangka barat bersama Polsek jajaran jumlah personel terbatas sehingga dibutuhkan peran serta aktif seluruh warga agar bisa bersama-sama menjaga kamtibmas yang selama ini sudah terkendali dengan baik.

Kapolres Bangka barat AKBP Agus Siswanto mengatakan selain mengunjungi masjid-masjid setiap subuh pihaknya juga mengerahkan para personel Samapta untuk selalu aktif menjalankan patroli dan berdialog dengan warga di sejumlah tempat keramaian.

Menurut Kapolres, kehadiran polisi di tengah keramaian akan menciptakan rasa aman dan nyaman kepada warga sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya tindak kriminal, seperti pencurian, jambret, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan kejahatan lain.

"Saat berada di tengah warga, kami juga selalu ingatkan agar mereka disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19," katanya.

Ia berharap kegiatan turun langsung di tengah warga bisa meningkatkan kebersamaan antara polisi dengan masyarakat sehingga memudahkan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Bila terjadi gangguan atau tindak kejahatan untuk segera menghubungi kantor polisi terdekat agar dapat segera ditindaklanjuti sedini mungkin agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022