Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan beberapa fasilitas di RSUD Sejiran Setason agar mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk pasien.

"Dari hasil pemantauan kami kemarin, ada beberapa fasilitas yang perlu ditingkatkan di rumah sakit milik daerah tersebut. Kami upayakan secepatnya bisa direalisasikan agar pelayanan kepada masyarakat semakin prima," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Sabtu.

Sebagai catatan sementara dari hasil pemantauan, kata dia, instalasi atau jaringan pembuangan limbah, ketersediaan air bersih, dan pola pelayanan perlu mendapatkan perhatian bersama.

"Kami sudah melihat secara langsung bangunan, fasilitas-fasilitas lain dan pola pelayanan. Perlu adanya perbaikan yang dilakukan secara bertahap untuk menciptakan pelayanan yang semakin baik," katanya.

Selain beberapa catatan tersebut, Wakil Bupati juga sudah membawa tim untuk memastikan "content management system" (CMS) atau sistem perangkat lunak yang dimanfaatkan RSUD Sejiran Setason untuk mengatur dan membuat berbagai data manajemen informasi dalam pelayanan pasien berjalan dengan baik dan sesuai kebutuhan di lapangan.

Menurut dia, peningkatan pelayanan kesehatan berbasis teknologi merupakan hal penting yang harus dilakukan pemerintah secara berkala untuk menyesuaikan perubahan kebutuhan terkini.

Selain itu, kata dia, informasi atau aduan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan juga menjadi salah satu masukan yang perlu segera ditindaklanjuti.

"Ada beberapa masukan dari masyarakat dari sisi pelayanan, namun ada juga yang bilang sudah baik. Berdasarkan laporan sekitar 60 hingga 70 persen RSUD Sejiran Setason sudah baik, namun akan terus kita tingkatkan agar pelayanan semakin prima," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022