Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah Me Hoa mengajak masyarakat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari untuk memperkuat toleransi hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di daerah itu.

"Mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila itu penting, terutama pada sila ke-5 yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," katanya usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila secara virtual di Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.

Politikus PDIP itu, menilai masyarakat harus menerapkan dasar negara yang dirumuskan dengan sempurna oleh para pendiri bangsa tersebut, dengan mengakomodasi kepentingan dan hajat hidup semua golongan.

"Tadi saya mengikuti upacara virtual langsung bersama Presiden. Beliau berpesan jaga persatuan, kesatuan, dan junjung tinggi toleransi dalam hidup bernegara," katanya.

Menurut Me Hoa, kehidupan bertoleransi di Kabupaten Bangka Tengah secara umum sudah baik.

"Kita sudah lama hidup berdampingan dengan beragam etnis dan agama, namun tetap harmonis dan damai dalam bingkai persatuan," katanya.

Ia juga mengatakan kewajiban pemimpin mengayomi dan melindungi masyarakat, juga bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Pemimpin wajib memenuhi hak dasar masyarakat, contohnya di Bangka Tengah persoalan BPJS Kesehatan," katanya.

Menurut dia, masih ada persoalan yang ditemukan terkait dengan BPJS Kesehatan yang hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mencari solusi.

"Kesehatan itu hak dasar masyarakat, pemerintah dan pemimpin wajib memenuhinya," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022